PDF
Print
E-mail
24
May
Pengangkatan Guru Besar Emeritus

Written by Administrator

 

Guru Besar yang telah mengakhiri masa jabatannya karena pensiun dapat diangkat kembali menjadi Guru Besar Emeritus di Perguruan Tinggi yang bersangkutan sebagai penghargaan istimewa dari Senat Perguruan Tinggi atau Senat Akademik setelah memenuhi persyaratan dan prosedur tatacara pengang-katan Guru Besar Emeritus.

A. Persyaratan pengangkatan Guru Besar Emeritus meliputi:

1. Sehat jasmani dan Rokhani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter;

2. Mampu melaksanakan tugas mengajar dan penelitian

3. Mendapat persetujuan Senat Akademik.

B. Tatacara pengangkatan Guru Besar Emeritus sebagai berikut :

1. Ketua Jurusan bersama korp. Dosen membahas rencana pengangkatan dan mengkaji pemenuhan persyaratan Guru Besar Emeritus yang diusulkan serta memberikan pertimbangan kepada Rektor.

2. Rektor dengan berdasarkan persetujuan Senat Akademik dapat menolak atau mengajukan usul pengangkatan Guru Besar Emeritus kepada Menteri Pendidikan Nasional dengan tembusan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dengan melampirkan :

a. Surat jaminan bahwa konsekuensi biaya akibat penetapan Guru Besar Emeritus menjadi tanggung jawab perguruan tinggi

b. Kelengkapan persyaratan sebagai Guru Besar Emeritus

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi atas dasar tembusan surat memberikan pertim-bangan kepada Menteri Pendidikan Nasional atau menolak dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku.

Berdasarkan pertimbangan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Menteri Pendidikan Nasional menyetujui atau menolak usul pengangkatan.

Guru Besar yang diangkat sebagai Guru Besar Emeritus berhak :

a. Memanfaatkan sarana, prasarana dan fasilitas kerja sesuai dengan penugasan oleh pimpinan perguruan tinggi yang ber-sangkutan.

b. Membimbing dosen dan mengajar maha-siswa program pasca sarjana

c. Memberi saran/pertimbangan kepada per-guruan tinggi.

Guru Besar Emeritus tidak dapat diangkat sebagai unsur pimpinan perguruan tinggi, anggota senat akademik, anggota dewan audit atau anggota Majelis Wali Amanat yang mewakili perguruan tinggi pada perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara.

 


 

Last Updated on Wednesday, 10 October 2012 02:04
 

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.