Pengajian Rutin Direktorat SDM IPB

 

Hari Jum’at, 7 April 2018 Direktorat Sumber Daya Manusia IPB menggelar pengajian rutin bersama Ustadz Dr. Hamzah. Topik pengajian pada hari ini adalah mengenai Akhlaq dalam Bekerja. Berikut point-point penting yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Hamzah:

1. Akhlaqul Karimah, merupakan inti utama dari ajaran Islam dan sikap keberagaman. Muslim dan mukmin yang utama adalah yang paling baik akhlaqnya.

“Rasulullah SAW bersabda: “Mukmin yang paling baik Islamnya, adalah orang yang dapat menyelamatkan orang Islam, dari (sebab) lisan dan tangan (perbuatan)nya. Mukmin yang paling baik imannya, adalah orang yang paling baik akhlaqnya. Muhajirin (orang yang berhijrah) yang paling baik, adalah orang yang berhijrah (dapat meninggalkan) dari apa-apa yang dilarang oleh Allah. Dan jihad yang paling baik, adalah orang yang berjihad di jalan Allah (ikhlas karena Allah semata).” (HR. Tabrani dari ibn Umar)

Rasulullah SAW sebagai panutan dalam kehidupan karena memiliki akhlaq yang terpuji.

2. Akhlaq harus tercermin dalam seluruh tatanan kehidupan (pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa), termasuk dalam bekerja, yang antara lain sebagai berikut:

a. Kerja ikhlas : Niat yang lurus ingin memanfaatkan ilmu yang dimiliki, karena Allah semata

b. Kerja keras: Optimal, tidak malas, dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

c. Kerja cerdas dengan merencanakan dan memperhitungkan segala sesuatu secara baik

d. Kerja secara berjamaah serta membangun network yang kuat.

e. Jujur, amanah, dan profesional

About The Author