Rektor IPB Lantik 20 Pejabat di Lingkungan IPB

Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menggelar acara pelantikan pejabat di lingkungannya, Selasa (20/2), di Lobby Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus Dramaga, Bogor. Kegiatan pelantikan pejabat ini merupakan bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. Rektor IPB, Dr Arif Satria berharap kepada para pejabat yang dilantik untuk dapat bekerja keras, penuh pengabdian, berdedikasi tinggi sesuai dengan visi IPB dan dapat bekerja sama dalam tim IPB sebagai satu kesatuan total sistem.

Rektor mengucapkan selamat dan sukses kepada yang dilantik atas prestasi yang telah dicapai dan dedikasi yang diberikan kepada IPB selama ini. Rektor mengingatkan, visi IPB dalam statuta yang kemudian dijabarkan dan Rencana Jangka Panjang (RPJ) IPB 2045 yaitu “Techno-Socio-Entrepreneurial University dalam memperkokoh martabat bangsa melalui pendidikan tinggi unggul pada tingkat global di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika”.

Rektor menjelaskan, bahwa semua harus dapat memahami perkembangan yang terjadi saat ini. Dalam era disruption ini, dimana kecakapan orang tidak hanya dinilai dari pencapaian akademik, tetapi bagaimana mengawinkan kemampuan akademik dengan soft skill untuk mampu eksis dan berkompetisi.
“Inovasi adalah kata kunci untuk terus survive dalam lingkungan global di masa mendatang. Untuk itu, semua agar dapat memahami trend perubahan ini. Jangan terjebak pada rutinitas yang kemudian gagal dalam menyikapi perubahan. Tentu ini juga bukan persoalan yang mudah. Untuk itu, teruslah bekerja dengan inovasi pemikiran dan karya, sehingga IPB tumbuh sebagai kampus pencetak technopreneur yang adaptif terhadap perubahan dan mampu menjawab kebutuhan bangsa,” ujar rektor.

Rektor menambahkan, pejabat-pejabat IPB yang dilantik hari ini, dipilih dan ditetapkan dengan mengacu kepada ketentuan-ketentuan Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2013 tentang Statuta IPB dan Peraturan Majelis Wali Amanat IPB, Nomor 38/IT3.MWA/OT/2018 tanggal 1 Februari 2018 tentang Stuktur Organisasi IPB. Pelantikan kali ini dilakukan dalam rangka penetapan jabatan bagi pimpinan yang baru bertugas pada unitnya, dan pejabat yang ditetapkan karena perubahan nomenklatur jabatan di lingkungan IPB.

Rektor mengatakan, pejabat-pejabat IPB yang dipilih dan ditetapkan adalah yang memenuhi persyaratan untuk setiap jabatan, antara lain kompetensi, dedikasi, loyalitas, kemampuan, bekerja sama secara sinergis dengan pimpinan IPB, pengalaman dan track record yang baik selama ini, serta memiliki visi dalam mewujudkan cita-cita IPB 2045. “Kemajuan IPB ada di tangan kita sendiri. Era disrupsi harus disambut dengan kreativitas dan inovasi. Kita harus bersatu padu, bahu membahu, seiring sejalan, dalam membangun IPB. Mari kita jawab imbauan sejarah untuk membawa IPB menuju masa depan yang gemilang,” pungkasnya. (Awl)

No. Nama Ditugaskan dalam Jabatan
1 Dr.Ir. Aceng Hidayat, M.T. Sekretaris Institut
2 Prof.Dr.Ir. Anas Miftah Fauzi, M.Eng Dekan Sekolah Pasca Sarjana
3 Dr.Ir. Aji Hermawan, M.M. Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
4 Dr.Ir. Ibnul Qayim Kepala Kantor Manajemen Mutu dan Audit Internal
5 Dr.Ir. Kgs Dahlan, M.Sc Direktur Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru
6 Dr. Alim Setiawan Slamet, S.TP, M.Si Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir
7 Ir. Lien Herlina, M.Sc Direktur Pengembangan Pembelajaran dan Promosi
8 Dr.Ir. Hari Wijayanto, M.Si Direktur Perencanaan, Pemonitoran dan Evaluasi
9 Dr.Ir. Titik Sumarti M.C., M.S. Direktur Sumberdaya Manusia
10 Dr. Indah Yuliasih, S.TP, M.Si Direktur Keuangan dan Akuntansi
11 Dr. Heti Mulyati, S.TP., M.T. Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni
12 Prof.Dr.Ir. Iskandar Zulkarnaen Siregar, M.For.Sc Direktur Program Internasional
13 Ir. Julio Adisantoso, M.Kom Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Digital
14 Dr. Jaenal Effendi, S.Ag, M.A. Direktur Bisnis dan Manajemen Aset Komersial
15 Dr.Ir. Syarifah Iis Aisyah, M.Sc.Agr Direktur Inovasi dan Kewirausahaan
16 Prof.Dr. Toni Bakhtiar, S.Si, M.Sc Direktur Program Pendidikan Kompetensi Umum
17 Dr.Ir. Wawan Oktariza, M.Si Direktur Program Pendidikan di Luar Kampus Utama
18 Ir. Yatri Indah Kusumastuti, M.S. Kepala Biro Komunikasi
19 Widodo Bayu Ajie, S.H. Kepala Biro Legislasi dan Pelayanan Hukum
20 Dr.Ir. Bonny Poernomo Wahyu Sukarno, M.S. Kepala Biro Umum, Sarana dan Prasarana

 

(Sumber: https://www.ipb.ac.id/news/index/2018/02/the-rector-of-ipb-inaugurated-20-officials-of-ipb/1519a44cd38776a04b0d953b84b5a3aa)